Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari melibatkan dunia usaha dalam menyukseskan penanaman 1.000 pohon di daerah itu.

"Kami bekerja sama dengan pihak Pertamina dan Bank Panin untuk melakukan penanaman pohon dalam rangka penghijauan kota ini," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Kendari Rusnani di Kendari, Rabu.

Ia mengatakan, bentuk kerja sama dengan Pertamina dan Bank Panin adalah menyiapkan bibit pohon secara gratis dan Pemkot yang menentukan titik-titik lokasi penanaman.

"Kerja sama seperti ini sangat membantu Pemkot Kendari dalam mengantisipasi keterbatasan angggaran penanaman pohon. Bantuan dari Bank Panin dan PT Pertamina sangatlah membantu kami dalam menyediakan bibit pohon," katanya.

Dia menyebutkan, lokasi penanaman pohon saat ini adalah disepanjang jalan protokol yang telah mengalami pelebaran.

Rusnani mengaku, saat ini hampir 80 persen pohon di sepanjang jalan Kota Kendari ditebang akibat pelebaran jalan, sehingga program penanaman pohon menjadi program prioritas bagi BLH Kota Kendari.

"Karena geliat pembangunan infrastruktur di Kendari terutama pelebaran jalan, tentunya ada pohon pelindung yang sebelumnya rimbun harus dirobohkan karena masuk pelebaran jalan. Sekarang saatnya kita lakukan penanaman kembali," ujarnya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024