Kendari  (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengajak masyarakat didaerah itu untuk membudayakan gemar makan ikan, selain karena memiliki nilai gizi tinggi yang dibutuhkan tubuh, juga membantu nelayan dalam meningkatkan perekonomiannya.

Sekretaris Daerah Pemprov Sultra H Lukman Abunawas di Kendari, Rabu mengatakan, dengan membudayakan makan ikan akan berdapak positif pada tubuh, sebab kandungan protein yang dimiliki oleh ikan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan baik untuk perkembangan otak anak.

"Dengan makan ikan, kita akan membantu meningkatkan pendapatan nelayan selain itu proteian dan omega yang kandungan pada ikan sangat baik untuk tuguh kita,"ujarnya pada forum koordinasi ekonomi keuangan regional yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Sultra.

Ia menambahkan, dengan ketersediaan sumberdaya perikanan dan kelautan yang dimiliki yakni 72 persen dari total luas wilayah Sultra yang merupakan laut maka sudah saatnya sektor ini didorong untuk mampu meningkatkan pendapatan daerah.

Ironisnya lanjutnya, sektor perikanan dan kelautan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi baru menyumbang sebesar 34 persen.

"Dalam pertumbuhan ekonomi kita di Sultra sektor perikanan dan kelautan menjadi salahsatu penunjang ekonomi daerah setelah sektor pertanian dan pertambangan,"ujarnya.

Sekda Sultra itu menambahkan, ini yang menjadi tantangan tersendiri untuk meningkatkan ekonomi dari sektor perikanan dan kelautan agan menjadi yang terdepan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi didaerah tersebut.

"Tentunya langkah awal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor ini, kita awali dengan membudayakan makan ikan,"ujarnya.

Selain itu lanjutnya, diharapkan dengan adanya upaya tersebut dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai potensi kelautan yang selama ini terpinggirkan. 

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024