Kendari   (Antara News) - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) HM Saleh Lasata mengajak masyarakat untuk tidak mengucilkan para korban penyalahgunaan narkoba melainkan merangkul kembali mereka untuk berbaur di tengah masyarakat.

"Untuk menyadarkan korban penyalahgunaan narkoba harus menggunakan langkah persuasif, yakni dengan merangkul kembali mereka untuk berbaur ditengah masyarakat, sebab para pengguna narkoba itu merupakan korban, "ujar Saleh Lasata di Kendari, Rabu.

Ia menambahkan, dengan menerima kembali mereka ke tengah masyarakat diharapkan akan menghindarkannya dari menggunakan barang haram itu.

Menurutnya, banyaknya pecandu dan penyalahguna narkotika menjadi keprihatinan maka harus segera direhabilitasi, dikhawatirkan penyalahguna akan mengalami candu hingga sulit terlepas dari belenggu barang haram tersebut.

"Korban penyalahgunaan narkoba ini sangat membutuhkan perhatian dari masyarakat, jika kita menolak mereka kembali ditengah-tengah kita maka sesungguhnya kita mengarahkan dia untuk terus mengkonsumsinya,"ujarnya.

Kata Wagub Sultra itu, dalam rangka menyembuhkan para koban narkoba sangat dibutuhkan peran lembaga kemasyarakatan untuk terus terlibat serta meningkatkan pelayanan terhadap mereka.

Selain itu lanjutnya, dukungan keluarga dapat memberikan kekuatan psikologis tersendiri bagi mereka agar tidak kembali ke dalam penyalahgunaan narkoba

Pewarta : Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024