Kendari  (Antara News) - Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Saka) Tingkat Nasional Tahun 2015 yang diikuti sekitar 3.000 peserta dari 34 provinsi di tanah air telah ditutup Gubernur Sultra Nur Alam (18/11) malam namun sebelumnya dilakukan dengan "One Day Festival" yang di gelar di taman Kota Kendari.

Wakil ketua kwarda Pramuka Sultra bidang Pengabdian Masyarakat dan Kehumasan Trikora Irianto di Kendari, Kamis mengatakan, kegiatan one day festival ini merupakan kegiatan bebas bagi para peserta perkemahan satuan karya pramuka untuk saling berinteraksi antar satu daerah dengan daerah lain mengingat pada one day ini di ikuti seluruh perwakilan provinsi.

"Jadi one day festival itu ada kegiatan kuliner, festival musik daerah, karnaval dan donor darah," ujaranya.

Para adik-adik pramuka berada di Kota Kendari intinya adalah kegiatan kebebasan, artinya agar mereka bisa menikmati suasana taman kota ini untuk saling berinteraksi antar satu daerah dengan daerah lain.

Menurut Trikora Irianto yang Juga kabag Humas dan Protokoler Kendari, kegiatan one day festival adalah bertujuan untuk mengakrapkan para anggota pramuka dari seluruh tingkatan yang ada di dalam pramuka.

Disamping itu untuk membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan kesakaan serta persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta memberikan kepada mereka kegiatan aktif, kreatif, rekreatif dan produktif yang bersifat edukatif.

"Dengan kegiatan Peransaka tahun ini diharapkan dapat melahirkan berbagai inovasi-inovasi yang produktif diantara saka yang berguna untuk kelangsungan pramuka di kemudian hari," ujar Trikora.

Lebih lanjut Trikora Irianto menjelaskan pada perkemahan antar satuan karya pramuka tingkat nasional tahun 2015 yang dilaksanakan dibumi perkemahan Bahteramas Nanga-Nanga Kota Kendari di ikuti kurang lebih 3.000 peserta dari 11 satuan karya (saka) dari 34 provinsi di suluruh Indonesia.







Pewarta : Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024