Kolaka (Antara News) - Pelaksanaan operasi zebra yang belangsung selama sepekan terakhir di Kabupaten Kolaka, Sulawesi tenggara (Sultra), telah mendorong kesadaran masyarakat untuk surat izin mengemudi (SIM) di daerah itu meningkat.

Kasat Lantas Polres Kolaka AKP Palma F. Fahlevi di Kolaka Senin mengatakan, antusias warga yang mengurus kelengkapan surat kendaraan khususnya SIM meningkat sampai 40 persen setiap hari, dibanding sebelum operasi zebra hanya berkisar 30 persen setiap hari.

"Saat ini warga yang mengurus SIM meningkat karena kemungkinan sebagian masyarakat mulai sadar akan pentingnya memiliki kelengkapan dokumen kendaraannya," ujarnya.

Ia mengatakan, sebelum dilakukan operasi zebra, pihak kepolisian telh melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang peraturan berlalu lintas serta kelengkapan alat kendaraan seperti manfaat helm, kaca spion dan SIM.

"Kami sudah mengimbau agar masyarakat yang tidak memiliki dokumen segera membuat SIM, serta harus selalu membawa melengkapi alat-alat kendaraannya," katanya.

Fahlevi menyebutkan, selama berlangsung operasi zebra hingga kini sudah menjaring lebih dari 100 unit kendaraan karena tidak memiliki kelengkapan dokumen dan alat kendadaraan dalam beroperasi di wilayah hukum Polres Kolaka.

Ia mengatakan, kegiatan operasi zebra di daerah itu masih berlangsung hingga 4 November 2015.

Pewarta : Oleh Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024