London (Antara News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sofia menggandeng Qatar Airways mempromosikan pariwisata Indonesia di Bulgaria sebagai upaya untuk menjaring wisatawan dari Eropa Timur.

         Duta Besar RI di Sofia, Bunyan Saptomo, mengatakan salah satu tugasnya adalah sebagai salesman produk Indonesia, termasuk di antaranya promosi pariwisata Indonesia, demikian Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Sofia Amita Pramasufi kepada Antara di London, Rabu.

         Pada kesempatan tersebut, Dubes menjelaskan kemudahan "visa on arrival" bagi wisatawan dari Bulgaria yang hendak berkunjung ke Indonesia dan rencana pemberlakuan bebas visa bagi wisatawan yang berasal dari semua negara anggota Uni Eropa, termasuk Bulgaria, pada akhir tahun ini.

         Dubes  mempresentasikan secara singkat antara lain mengenai indikator ekonomi Indonesia, geografi, budaya, dan berbagai daerah tujuan wisata, serta berbagai objek wisata di Indonesia, baik wisata budaya, alam, maupun hiburan dan olahraga  seperti golf.

         Promosi bersama dihadiri 15 "tour operator" di Bulgaria dan Makedonia yang ditujukan untuk mempromosikan tempat dan obyek wisata Indonesia dan menyosialisasikan jalur penerbangan Sofia-Jakarta-Denpasar via Doha.

         Selain untuk menjaring wisatawan dari Bulgaria, Albania, dan Macedonia yang berminat mengunjungi Indonesia menggunakan Qatar Airways.

         Sementara Manajer Pemasaran Qatar Airways, Ivalina Tsanova, menyampaikan bahwa maskapai penerbangannya telah memperbarui armada dengan model pesawat terbang terbaru dan termodern, seperti Airbus 350, Airbus 380, dan Dreamliner.

         Qatar juga menawarkan kenyamanan penerbangan bagi penumpangnya antara lain transit di bandara Hamad Doha yang modern dengan waktu transit singkat dan "comfortable schedule" dari Sofia ke Doha.

         Saat ini terdapat lima kali penerbangan Sofia-Doha dalam satu minggu. Sementara penerbangan Doha-Jakarta dan Doha-Denpasar masing-masing dua kali penerbangan setiap harinya.

         Para "tour operator" menyambut baik kegiatan tersebut karena sangat besar manfaatnya bagi para tour operator yang akan menyusun paket perjalanan ke negara-negara tropis seperti Indonesia, mengingat Eropa sebentar lagi akan memasuki musim dingin.

         Saat ini tercatat lebih dari 3.000 wisatawan tiap tahunnya dari Bulgaria yang mengunjungi Indonesia. Dengan adanya pemberlakuan bebas visa bagi para wisatawan yang berasal dari semua negara anggota Uni Eropa, diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Indonesia di masa yang akan datang.

Pewarta : Oleh Zeynita Gibbons
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024