Wangiwangi (Antara News) - Jalan lingkar Pulau Wangiwangi, ibukota Kabupaten Wakatobi ditingkatkan menjadi jalan nasional oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Wakil Menteri PU dan Perumahan Rakyat Bidang Pengembangan Infrastruktur, Hermanto Dardak seusai membuka `Meeting UCLG -ASPAC` di Wangiwangi, Sabtu mengatakan, dengan peningkatan status jalan maka seluruh pembiayaan perbaikan ruas jalan menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat.

"Ujung jalan kabupaten yang dijadikan jalan Nasional itu berawal dari Bandara Matahora dan berakhir di Matahora pula," katanya.

Menurut dia, pemerintah pusat menaikkan status jalan lingkar Wangiwangi menjadi jalan Nasional sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap Wakatobi yang saat ini menjadi kawasan pengembangan ekonomi khusus pariwisata.

Sebagai pengembangan ekonomi khusus pariwisata kata dia, maka Pemerintah Pusat berkewajiban membangun berbagai infrastruktur pendukung dari pengembangan kawasan ekonomi khusus tersebut.

"Pemerintah juga akan membangun instrastruktur lain di Wakatobi seperti sarana transportasi, telekomunikasi, listrik dan sarana air bersih," katanya.

Sementara itu Bupati Wakatobi, Hugua mengatakan jalan lingkar Wangiwangi sepanjang kurang lebih 48 kilometer.

Saat Pemerintah Wakatobi membangun Bandara Matahora, kata dia, status jalan tersebut menjadi jalan provinsi yang pembiayaanya menggunakan dana APBD Provinsi Sultra.

"Dengan dana APBD Sultra yang sangat terbatas, kondisi jalan lingkar Wangiwangi tidak pernah baik," katanya.

Ia berharap, dengan peningkatan status menjadi jalan nasional, kondisi ruas jalan lingkar Wangiwangi sudah bisa lebih baik, sehingga para wisatawan yang melewati jalan tersebut merasakan kenyamanan.

Pewarta : Oleh Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024