Kolaka (Antara News) - Persiapan pemberangkatan jamaah calon haji Sulawesi Tenggara rampung setelah pihak Kementerian Agama beserta instansi terkait sudah melakukan rapat koordinasi.
Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara Muhammad Ali Irfan di Kolaka, Kamis, mengatakan hingga kini pihaknya sudah merampungkan hingga 80 persen persiapan pemberangkatan jamaah calon haji Sultra.
"Sesuai hasil rapat koordinasi dengan melibatkan berbagai pihak terkait, Insya Allah persiapan kita sudah rampung," Katanya.
Menurut dia, segala persiapan telah dilakukan secara optimal bagi para jamaah calon haji Sultra sampai ke Embarkasi Makassar (Sulsel) hingga pelayanan kesehatan.
"Kami minta seluruh jamaah calon haji Sultra agar tetap menjaga kesehatan karena suhu panas di Arab Saudi itu mencapai 48 derajat celcius," ujar Irfan.
Meskipun tahun ini biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) turun, namun pelayanan tetap dioptimalkan kepada seluruh calon jamaah haji mulai dari pemondokan hingga makanan yang akan diberikan kepada jamaah calon haji selama 15 kali.
Begitu juga dengan pemondokan dan hotel sudah tidak ada yang kumuh, tetapi kelas berstandar hotel bintang, apalagi jamaah haji asal Sultra tahun ini tidak lagi bergabung dengan kelompok terbang lainnya.
"Jamaah calon haji Sultra tahun ini sudah tidak bergabung lagi dengan jamaah lainnya tapi diberikan satu gedung khusus untuk jamaah haji asal Sultra," ujar Irfan.
Khusus untuk jamaah haji asal Kolaka, lanjut dia, mendapatkan kelompok terbang (kloter) 21 dengan jumlah 167 orang karena jamaah haji asal Sultra mendapatkan pembagian tiga kloter.
Sementara visa pemberangkatan haji bagi seluruh jamaah, kata Irfan, sudah selesai dirampungkan meskipun saat ini masih ada tersisa 70 visa yang akan diambil oleh petugas ke Jakarta.

Pewarta : Oleh Darwis Sakani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024