Kendari (Antara News) - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan ke Wakatobi membuka "Meeting UCLG-ASPAC" pada 5 September 2015.
"Rencananya, ke Wakatobi presiden akan didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Hebat," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Pemerintah Kabupaten Wakatobi Laode Ifi melalui telepon dari Kendari-Wangiwangi, Minggu.
Menurut dia "Meeting United Cities And Local Governments Asia Pacific (UCLG-ASPAC)"`pada 5 September 2015 akan dihadiri sekitar 200 bupati dan gubernur wilayah pesisir se Asia Pasifik.
Kegiatan "meeting" bertaraf internasional yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo itu kata dia, akan berlangsung selama tiga hari.
"Sebagai tuan rumah, Pemerintah Kabupaten Wakatobi telah menyiapkan berbagai infrastruktur yang akan mendukung kegiatan tersebut, termasuk fasilitas hotel para peserta `meeting`," katanya.
Menurut dia, penunjukan Wakatobi sebagai tuan rumah penyelenggara Meeting ULCG-ASPAC disepakati melalui Kongres ke-5 UCLG-ASPAC di Taipe Taiwan awal September 2014.
Ia mengatakan UCLG - ASPAC merupakan asosiasi pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi di kawasan Asia Pasifik.
Setiap tahun katanya, anggota dari UCLG - ASPAC selalu menyelenggarakan "meeting", terkait masalah-masalah pemerintahan dan pembangunan di kabupaten/kota dan provinsi yang menjadi anggotanya.
"Kita harapkan, kegiatan `meeting` yang akan dihadiri 200 bupati/walikota dan gubernur se Asia Pasifik itu, dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat Wakatobi," katanya.

Pewarta : Oleh Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024