Baubau (Antara News) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buton menyalurkan sekitar 250 - 300 kantong darah per bulan kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Buton, Laode Fuad Fadi di Baubau, Jumat, mengatakan, penyaluran kantong darah tersebut bukan hanya untuk masyarakat Kota Baubau, namun juga masyarakat Kabupaten Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Buton Utara.

"Stok darah di PMI Buton masih dapat mencukupi kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan dalam beberapa bulan terakhir. Bila stok tinggal tersisa 100 kantong darah, kami langsung memesan dan segera dikirimkannya," ujarnya,

Ia mengatakan, jenis stok darah yang masih mengalami keterbatasan adalah golongan darah AB, sehingga untuk menyiasatinya untuk kebutuhan `emergency`, pihaknya meminta keluarga pasien yang membutuhkan darah untuk menjadi pendonor keluarga.

Menurut dia, stok darah yang paling banyak dibutuhkan golongan darah O, sedangkan golongan darah A atau B masih merata. Sementara untuk golongan darah AB masih sedikit," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya meyakini banyak manfaat yang diperoleh seseorang dalam mendonorkan darahnya, di antaranya, pendonor dapat mengetahui secara pasti penyakit yang dideritanya baik HIV/Aids, hepatitis B, hepatitis C, bahkan berbagai penyakit lainnya.

Selain itu, kata dia, juga dapat membantu si pendonor dalam pembentukan sel-sel darah merah yang baru dalam tubuh.

"Manfaat usai mendonorkan darah, dalam kurun waktu tiga bulan sel darah merah dalam tubuh seseorang terbentuk secara matang. Kalau tidak dikeluarkan, maka darah akan mencari cara untuk keluar baik melalui keringat, cairan kencing atau semacamnya," ujarnya.

Untuk mencukupi kebutuhan darah, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat untuk terus menggelar kegiatan donor darah.

"Kami berharap agar para pendonor tetap menjadi pendonor sukarela di setiap tiga bulan sekali. Marilah kita bersama-sama membantu meringankan beban orang lain yang tengah membutuhkan darah karena dengan donor darah selain tubuh menjadi lebih sehat, kita juga mendapat pahala atas darah yang kita berikan kepada orang yang sangat membutuhkan," ujarnya.

Pewarta : Oleh Yusran
Editor :
Copyright © ANTARA 2024