Kendari (Antara News) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Cabang Sulawesi Tenggara siap mengantisipasi arus penumpang dan barang pada angkutan lebaran tahun ini.

Manajer Operasi PT Pelindo IV Cabang Kendari, Marsatubra di Kendari, Senin mengatakan, perkiraan arus barang dan penumpang akan mengalami peningkatan mendekati lebaran. "Pelindo telah melakukan berbagai persiapan baik fasilitas, peralatan, sistem maupun operasional," ujarnya.

Ia mengatakan, khusus arus penumpang pada bulan Mei 2015, arus penumpang yang melalui pelabuhan nusantara jumlahnya mencapai 676.034 atau sedikit meningkat dibanding dengan periode bulan yang sama pada tahun 2014 558.578 orang.

"Jadi, jumlah penumpang yang datang maupun yang bepergian itu, tercatat di Pelabuhan Nusantara (embarkasi dan debarkasi) dalam negeri. Sedangkan penumpang dari luar negeri pada bulan itu terhitung nihil, alias tidak ada," ujarnya.

Khusus pada bulan Juni yang bertepatan dengan bulan puasa, diperkirakan akan meningkat, namun prosentasenya belum diketahui, karena laporannya baru bisa tercatat pada awal bulan Juli. "Kita perkirakan ada peningkatan arus penumpang di bulan Juni dan Juli, sebab di bulan itu merupakan arus mudik lebaran dan arus balik," katanya.

Terkait fasilitas yang dipersiapkan Pelindo adalah selain embarkasi dan debarkasi, bongkar muat, operasional, serta keamanan dengan tim monitoring bersama pihak terkait lainya.

Fasilitas embarkasi dan debarkasi yang disiapkan, tentu dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi.

Disamping, lapangan parkir kendaraan pengantar dan penjemput, serta rambu-rambu arah embarkasi/debarkasi penumpang. "Dari segi fasilitas yang disediakan, Pelindo masih sangat terbatas. Namun fasilitas umum seperti toilet, ruang musollah dan media informasi sudah ada sejak dulu," ujarnya.

Pewarta : Oleh Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024