Kendari (Antara News) - DPRD Kota Kendari meminta dinas terkait agar meningkatkan pengawasan proyek infrastruktur jalan yang ada di daerah itu.

Ketua DPRD Kendari Abdul Razak di Kendari, Minggu, mengatakan, pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kendari selaku instansi terkait harus melakukan pengawasan intensif terhadap pelaksanaan proyek infrastruktur jalan yang sudah dikerjakan selama ini.

"Pengawasan intensif mutlak dilakukan agar proyek infrastruktur jalan yang banyak menelan anggaran tidak menyimpang dari bestek," katanya.

Berdasarkan hasil pantauan, ada beberapa ruas atau titik pembangunan jalan yang tidak berumur lama sudah mengalami kerusakan.

Anggota DPRD lainnya, Ali Akbar membenarkan bahwa ada beberapa titik kerusakan jalan provinsi yang masih seumur jagung tetapi sudah menunjukan terjadi kerusakan.

"Kita tidak mencurigai dari kinerja para kontraktor atau siapapun, tetapi akan lebih bagus kalau instansi terkait juga intens melakukan pengawasan agar pekerjaan bebar-benar sesuai bestek, dan pemerintah tidak sering mendapat hujatan dari masyarakat akibat pekerjaan jalan seperti itu," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kendari Ali Aksa mengatakan selama ini pihaknya senantiasa melakukan pengawasan dan pemantauan langsung terhadap beberapa proyek pembanggunan infrastruktur jalan di daerah ini.
"Ada faktor lain yang biasa mempercepat kerusakan jalan yakni pada saat dikerja bersamaan musim hujan," katanya.

Pewarta : Oleh Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024