Kendari (Antara News) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) jurnaslitik dan fotografi tahun 2015.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Mohamad Ali Irfan, yang dihadiri oleh Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (Pinmas) Kemenag Republik Indonesia, Rudi Subiyantoro, di Kendari, Senin (8/6) malam.

"Kegiatan pelatihan jurnalistik ini sangat penting dan harapan saya kegiatan berikutnya tidak hanya melibatkan humas masing-masing satuan kerja (satker), tetapi juga kepala masing-masing satker karena mereka juga berfungsi sebagai corong pembangunan di masyarakat," kata Ali Irfan.

Kasubag Humas Kemenag Sultra, Syaifuddin Mustaming, selaku panitia melaporkan kegiatan itu dimaksudkan untuk meningkatkan layanan informasi dan kehumasan di lingkup Kanwil Kemenag Sultra.

Menurut dia, kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari yaitu mulai 8 sampai 10 Juni 2015 itu bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pengelola informasi di lingkup Kemenag se-Sultra.

"Dengan kualitas SDM pengelola informasi diharapkan dapat mewujudkan penyajian informasi yang transparan dan akuntabel, khususnya di jajaran pengelola informasi dan admin laman/website di setiap satuan kerja lingkup Kemenag Sultra," ungkapnya.

Pudo, sapaan akrab Syaifuddin, menjelaskan Bimtek tersebut mengangkat tema "Optimalisasi Layanan Informasi dan Kehumasan Untuk Kementerian Agama yang Transparan, Akuntabel dan Melayani".

"Tema ini sengaja dipilih sejalan dengan semangat Kementerian Agama dalam membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani," katanya.

Kegiatan tersebut, lanjut Syaifuddin, diikuti 40 orang peserta terdiri dari para Kasubbag Tata Usaha, admin laman/website dan petugas atau pengelola layanan informasi pada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Sultra, serta sejumlah kontributor berita atau koresponden pada Madrasah.

Pada Bimtek kali ini, sejumlah narasumber yang menyampaikan materi antara lain Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (Pinmas) Kemenag Republik Indonesia, Rudi Subiyantoro, yang akan membawakan materi "Optimalisasi Kehumasan Kementerian Agama".

Selain itu, Kepala Kanwil Kemenag Sultra dengan judul materi "Kebijakan dan Peran Kementerian Agama Dalam Mendukung Keterbukaan Informasi Publik", dan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sultra, Hasanuri, dengan materi "Peran dan Fungsi Humas Pemerintah".

Pewarta : Oleh Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024