Kolaka (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Kolaka tahun 2015 membagikan sekitar 143 unit traktor tangan kepada kelompok tani sawah yang ada di daerah itu.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei usai menyerahkan bantuan traktor tangan kepada kelompok tani se-Kabupaten Kolaka di Desa Puuroda Kecamatan Baula Kab. Kolaka, Selasa, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kolaka bersama Pemerintah Provinsi Sultra tahun ini menyediakan bantuan 100 unit traktor tangan ditambah bantuan dari Kementerian Pertanian 43 unit traktor tangan.

"Dukungan dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Sultra dan Pemerintah Kabupaten Kolaka tahun ini bisa mengadakan alat mesin pertanian sebanyak 143 unit traktor tangan untuk membantu kesulitan petani mengolah lahan pertaniannya," kata mantan Sekda Kolaka ini.

Menurut dia, bantuan alat mesin pertanian tidak bersifat gratis tetapi masing-masing kelompok tani membayar dengan cara mencicil kepada salah satu lembaga perbankan yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Ia menjelaskan, pihak Pemerintah Kabupaten Kolaka hanya membantu petani membayarkan uang muka sekitar Rp10 juta, dan sisanya diangsur oleh masing-masing kelompok tani.

Safei berharap dengan adanya bantuan mesin traktor tangan kepada petani itu bisa meningkatkan pengolahan lahan pertanian untuk meningkatkan produksi pangan di daerah itu.

"Kami berharap para kelompok tani bisa menjaga dan merawat bantuan traktor tangan ini, sehingga alat mesin pertanian ini bisa bermanfaat dan tahan lama untuk kebutuhan pengolahan lahan mereka," ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemkab Kolaka juga akan mengalokasikan anggaran dalam APBD tahun depan untuk pengadaan bantuan sekitar 100 unit traktor tangan untuk kelompok tani lain yang belum mendapatkan bantuan tahun ini.

Pewarta : Oleh: Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024