Kendari (Antara News) - Peternak ikan lele yang berada di Kota Kendari mengharapkan perhatian pemerintah daerah setempat untuk memberikan bantuan dan pembinaan pengembangan usaha budidaya komoditi tersebut mulai dari pembibitan hingga proses pemasaran.

Peternak ikan lele, Samu di Kendari, Rabu, mengatakan, untuk mengembangkan usaha budidaya ikan lele, pihaknya sangat membutuhkan pembinaan dan bantuan dari pemerintah sehingga dalam pengelolaannya akan semakin baik dan profesinal.

"Pembinaan dari pemerintah sangat kami harapkan, terutama pada proses pembibitan dan pemasarannya, sebab saat ini untuk mencukupi bibit yang ada kami masih harus membelinya dari peternak lain," ujarnya.

Ia menambahkan, walaupun pihaknya telah melakukan pembibitan sendiri tetapi hasilnya belum mencukupi kebutuhan budidaya. Selain itu pemasaran komoditi tersebut juga masih untuk memenuhi permintaan masyarakat setempat dan belum diolah.

Menurut dia, selain masalah pembibitan dan pemasaran yang menjadi kendala bagi peternak yakni pemenuhan pakan yang berkualitas sehingga mempercepat pertumbuhan lele.

"Tentunya selain pembibitan dan pemasaran, kami juga berharap agar pemerintah dapat memberikan pemahaman kepada kami mengenai pakan apa yang baik untuk lele, sehingga kami dapat mengurangi biaya produksi pakan," ujarnya.

Maka dari itu, pihaknya sangat mengharapkan bantuan dan pembinaan dari pemerintah untuk memperhatikan para peternak lele.

Sebab, menurut dia, usaha budidaya lele secara langsung dapat meningkatkan pendapatan ekonomi para peternak, sekaligus akan berdampak pada peningkatan pendapatan daerah, jika lele yang diproduksi dapat menjadi salah satu komoditi andalan daerah itu.

Pewarta : Oleh Laode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024