Kendari (Antara News) - Komandan Batalion Infantri 725/Woroagi Mayor Infantri Nurman Syahreda mengatakan pihaknya sedang mengembangkan kawasan rumah pangan lestari di markas Yonif 725/Woroagi Desa Boroboro, Kabupaten Konawe Selatan.

"Saya instruksikan seluruh rumah personEl yang ada dalam kompleks ini untuk memanfaatkan pekarangan agar menanam berbagai jenis tanaman sayuran yang bisa dimanfaatkan sendiri oleh pemilik rumah," kata Nurman di Kendari, Senin.

Menurut dia, model kawasan rumah pangan lestari tersebut merupakan bentuk dukungan pihak TNI dalam rangka ketahanan pangan nasional dengan cara memanfaatkan lahan kosong.

"Kawasan rumah pangan lestari ini sangat baik dan menunjang ketahanan pangan nasional. Kami ingin memulai melatih anggota kami, sehingga mereka memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam hal tanam menanam," katanya.

Disebutkan, di pekarangan anggota TNI yang berada dikompleks Yonif 725 Woroagi tersebut dapat dijumpai berbagai jenis tanaman sayur mayur seperti cabai, terong, gambas, labu, kacang panjang, semangka, dan lainnya.

"Semua tanaman tersebut ditanamn dalam polybek. Hasilnya, secara tidak langsung personel TNI mampu mencukupi sendiri kebutuhan sayuran dan protein bagi keluarganya," katanya.

Nurman berharap, pengetahuan dan pengalaman dasar menanam tersebut bisa bermanfaat bagi personil ketika mereka menjadi senior dan berpindah ke Kodim.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024