Kendari   (Antara News) - Sebanyak tiga sekolah yang ada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), siap melaksanakan Ujian Nasional (Unas) secara online dengan menggunakan sisten computer basist test.

Ketua Panitia Unas Kota Kendari, Darwis, di Kendari, Sabtu, mengatakan tiga sekolah tersebut yakni SMK 1 Kendari, SMK 4 Kendari dan SMP 1 Kendari.

"Ketiga sekolah ini sudah siap untuk melaksanakan Unas secara online dengan menggunakan CBS, tentunya kesiapan dari ketiga sekolah ini tidak terlepas dari fasilitas yang dimilikinya,"ujarnya.

Ia menambahkan, untuk Unas tahun 2015 di daerah itu akan dilaksanakan dengan dua bentuk yakni secara online atau atau terkomputerisasi dan manual dengan menggunakan lembar jawaban ujian nasional (LJUN).

Menurutnya, sesungguhnya ada lima sekolah yang akan melaksanakan Unas online, tetapi dua sekolah yakni SMA 1 Kendari dan SMA 4 Kendari batal melaksanakannya sebab kekurangan fasilitas yang dimiliki yakni ketersediaan komputer.

"Tadinya ada lima sekolah yang akan melaksanakan Unas secara online tetapi karena keterbatasan sarana komputer yang dimiliki maka dua sekolah tidak jadi melaksanakan secara online dan tetap melaksanakannya dengan menggunakan LJUN,"ujar Daerwis yang juga merupakan Kepala Bidang kebudayaan dan sarana prasarana dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota kendari.

Ia menambahkan, dalam melaksanakan Unas secara online sekolah dituntut agar memenuhi ketentuan dan persyaratan yanng telah ditetapkan.

Dalam memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan tersebut, sekolah harus memiliki fasilitas utamanya komputer harus sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.

Dimana, satu komputer yang ada harus mampu melayani tiga siswa. Ia mencontohkan jika peserta Unas disalah satu sekolah mencapai 240 siswa maka komputer yang harus disiapkan minimal 80 unit.

"Itu dilakukan agar menciptakan kondisi Unas yang tertib dan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, sehingga dalam pelaksanaannya tidak melewati jadwal itu,"ujarnya.

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024