Ternate   (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara mengandalkan wisata bahari untuk menarik wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke daerah itu, karena potensi baharinya sangat menarik, terutama wisata bawah laut.

         Kepala Kantor Pemuda Olahraga dan Pariwisata Halmahera Barat Fenny Kiat mengatakan di Ternate, Jumat mengatakan, wisata bawah laut di Halmahera Barat tidak hanya menarik dari segi keindahan terumbu karangnya, tetapi juga menarik karena banyaknya biota laut yang beberapa di antaranya merupakan biota langka.

         Di Halmahera Barat terdapat puluhan spot (titip penyelaman) yang sangat menarik, sebagian di antaranya berada di kawasan Teluk Jailolo dan selama ini telah sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk dari mancanegara.

         Ia mengatakan, Pemkab Halmahera Barat terus berupaya mempromosikan potensi wisata bahari tersebut, baik menggunakan jaringan internet maupun melalui pengusaha Biro Perjalanan Umum (BPU) di berbagai kota besar, termasuk melalui pameran wisata.

         Selain itu, Pemkab Halmahera Barat juga rutin menggelar kegiatan wisata, di antaranya Festival Teluk Jailolo setiap bulan Mei dan telah masuk dalam kalender kegiatan wisata nasional dan telah dikenal luas di mancanegara, terutama di kawasan Asia.

         Menurut Fenny Kiat, selain wisata bahari, Halmahera Barat juga memiliki wisata lain yang cukup menarik, di antaranya wisata alam berupa kawasan hutan alami yang di dalamnya terdapat berbagai flora dan fauna, seperti burung bidadari yang merupakan burung khas halmahera.

         Keberadaan burung bidadari di Halmahera Barat itu, belakangan ini mulai pula diminati para wisatawan dari mancanegara, terutama yang berlatar belakang peneliti karena burung itu dinilai unik, terutama ketika melakukan atraksi menarik di udara.

         Ia menambahkan, untuk menjamin kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Halmahera Barat, pemda setempat terus berupaya membenahi infrastruktur, baik infrastruktur transportasi ke objek wisata maupun infrastruktur akomodasi

Pewarta : La Ode Aminuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024