Kolaka  (Antara) - PT Vale Indonesia bekerja sama dengan Matriks Indonesia menggelar pelatihan jurnalisitik dengan tema di Kolaka selama dua hari.

Pelatihan yang dilaksanakan disalah satu hotel di ikuti 35 peserta yang berasal dari perwakilan media nasional, regional, dan lokal, serta sebagian staf Humas Pemda Kolaka dan DPRD Kolaka, beberapa anggota komunitas lokal, dan perwakilan mahasiswa..

Iskandar Siregar, Manager Communication PT Vale Indonesia, kamis mengatakan pelatihan jurnalistik ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Vale untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia khususnya rekan-rekan media lokal yang menjadi salah satu pemangku kepentingan perusahaan.

"Selain itu kegiatan ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus forum untuk saling berbagi masukan dan saran yang berkaitan dengan PT Vale,"katanya.

Iskandar juga menjelaskan materi, pelatihan yang mencakup antara lain teknik reportasi, teknik wawancara, teknik menulis laporan jurnalistik, penulisan kreatif, kode etik jurnalistik, dan sekilas tentang dunia pertambangan khusus mengenai operasional PT Vale.

Tambahan materi mengenai dunia pertambangan, sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan rekan-rekan media tentang industri pertambangan, khususnya PT Vale, sehingga kalau kelak meliput mengenai hal-hal yang berkaitan pertambangan dapat lebih akurat, objektif, dan berimbang, serta proporsional," jelasnya.

Sementara pemateri dalam pelatihan ini, Agus Sudibyo, Direktur Eksekutif Matriks Indonesia yang juga mantan anggotandewan pers serta Nurcholis Basyari.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024