Raha  (Antara News) - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyediakan armada sampah di sejumlah titik lokasi yang rawan penumpukan sampah saat terjadi hujan deras.

"Armada sampah kita siagakan di berapa Lokasi, antara lain di bantaran sungai dekat SMP Negeri 3 Raha, kawasan butung butung,dan di depan Masjid Baitul Makmur Raha," kata Kepala BLH Muna, L. Untu di Raha, Rabu.

Di sejumlah lokasi tersebut kata dia, kerap kali terjadi tumpukan sampah yang terbawah aliran air saat kota Raha diguyur hujan lebat.

"Selain armada mobil pengangkut sampah, kita juga menyiapkan alat berat untuk mengangkut sampah di tempat penumpukan sampah ke atas mobil truk pengangkut sampah," katanya.

Dengan kesiagaan tersebut katanya tumpukan sampah yang selama ini merusak pemandangan dan mengganggu arus lalu lintas, sudah dapat segera diatasi dan dibuang ket tempat pembuangan.

"Banyak sampah yang meluber ke sejumlah ruas jalan saat terjadi hujan deras karena kesadaran masyarakat untuk membuang pada tempat pembuangan sampah masih sangat rendah," katanya.

Ia mengatakan BLH terus mendorong kesadaran masyarakat melalui berbagai kegiatan sosialisasi agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Namun ujarnya, upaya yang dilakukan BLH tersebut belum banyak berpengaruh pada perilaku warga untuk membuang pada tempat-tempat yang telah disediakkan.

"Kita terus berupaya mendorong kesadaran masyarakat ini, sehingga kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan bisa ditekan," katanya.


Pewarta : Gusti Wilantara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024