Kendari (Antara News) - Pangan lokal di Kota Kendari yang terdiri dari Sinonggi, Kasuami, Kambose dan Kabuto atau disebut Sikkato, saat ini sudah menjadi bagian dari segmen bisnis kuliner yang sangat menjanjikan di kota itu.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kendari, Syam Alam, di Kendari, Minggu, mengatakan pangan lokal SIKKATO sudah mulai digemari oleh semua lapisan masyarakat di Kota Kendari.

"Tidak hanya kalangan orang tua, tetapi kalangan remaja sudah menggemari pangan lokal ini. Sehingga jangan heran kalau rumah makan khusus menyediakan pangan lokal ini selalu ramai pengunjung," kaya Syam Alam.

Menurut Syam, saat ini tumbuh banyak rumah makan di Kota Kendari yang menyajikan menu pangan lokal SIKKATO, utamanya pangan Sinonggi.

Pemerintah kata Syam Alam, senantiasa berkoordonasi dengan pemilik rumah makan dan restoran yang sudah ada agar menyediakan menu pangan pangan lokal sebagai bentuk upaya mempromosikan pangan lokal daerah itu.

"Saya yakin kedepan akan tumbuh terus rumah makan yang khusus menyediakan menu pangan lokal. Ini akan ikut meramaikan bisnis kuliner di kota ini," katanya.

Disebutkan, pangan Sinonggi berbahan baku sagu, Kasiami berbahan baku singkong, Kambose berbahan baku jagung dan Kabuto berbahan baku ubi kayu.

"Sumber atau bahan baku pangan lokal SIKKATO sangat melimpah di Kendari karena rata-rata dibudidayakan oleh warga," katanya.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024