Jayapura   (Antara News) - Kepolisian RI yang bertugas di seluruh Tanah Papua siap membubarkan kegiatan peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), salah satu organisasi yang memperjuangkan terpisahnya Papua dari NKRI, pada tanggal 1 Desember.

         Waka Polda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw kepada Antara di Jayapura, Minggu, menegaskan bahwa saat ini personel polri sudah siap siaga guna mengantisipasi kegiatan tersebut.

         "Polisi sudah siaga dan akan membubarkan setiap kegiatan yang diduga berkaitan dengan HUT OPM," tegas Brigjen Pol Waterpauw.

         Ketika ditanya apakah polisi akan membubarkan bila kegiatan peringatan tersebut dikemas dalam bentuk ibadah, Waka Polda Papua menegaskan itu tergantung kebijakan pimpinan polisi di daerah masing-masing, namun bila nantinya diselingi dengan pengibaran bendera bintang kejora maka akan ditindak tegas.

         "Yang pasti kami tindak tegas adalah kegiatan peringatan pada 1 Desember, terutama yang berhubungan dengan peringatan HUT OPM," tegas Waka Polda Papua seraya mengatakan  bahwa saat ini situasi kamtimas di wilayah Polda Papua yang meliputi Papua dan Papua Barat aman dan terkendali.

Pewarta : Evarukdijati
Editor :
Copyright © ANTARA 2024