Kolaka (Antara News) - Kepolisian resor Kolaka khususnya satuan lalu lintas menggelar sosialisasi kepada pelajar menjelang dilaksanakannnya operasi zebra tahun ini.

Kasat lantas Polres Kolaka,AKP Muhajir Al Muraj yang ditemui, Selasa membenarkan pihaknya dalam sepekan ini telah melakukan sosialisasi kepada pelajar baik ditingkat SMP maupun SMA sederajat.

"Sosialisasi ini kami lakukan menjelang pelaksanaan operasi zebra tahun ini," katanya.

Menurutnya langkah ini dilakukan kepada para pelajar untuk menekan tingkat kecelakaan sekaligus memberikan penjelasan bagi pengendara yang belum memiliki surat izin mengemudi (SIM) tidak diperkenankan membawa kendaraan.

"Kita memang menekankan kepada pelajar agar tidak membawa kendaraan baik roda dua maupun roda empat ke sekolah kalau belum memiliki SIM dan apabila didapati maka tetap akan dilakukan penegakan hukum," ungkapnya.

Selain itu kata dia sosialisasi juga dilakukan kepada masyarakat umum agar melengkapi surat-surat kendaraan dan menggunakan Helm yang berstandar SNI.

Muhajir juga menjelaskan operasi zebra ini untuk menekan tingkat kecelakaan dan memberikan pencerahan kepada masyarakat pengguna jalan untuk mematuhi semua peraturan lalu lintas.

"Operasi zebra ini dilakukan selama dua pekan yang dimulai tanggal 26 november hingga tanggal 9 desember 2014," jelasnya.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024