Raha  (Antara News) - Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra), memprioritaskan pembangunan di wilayah itu pada tiga sektor.

Penjabat Bupati Muna Barat,  Drs LM Rajiun Tumada, MSi, di Raha, Minggu, mengatakan, ketiga sektor prioritas yang akan dibangun tersebut yakni pembangunan insfrastruktur jalan, jembatan dan irigasi.

"Di luar tiga sektor itu, kita juga akan melakukan penataan kota, sehingga pusat pemerintahan Muna Barat bisa nampak kelihatan seperti kota-kota kabupaten lain di Indonesia," katanya.

Ia mengakui, untuk menangani ketiga sektor prioritas tersebut bukan perkara gampang, mengingat Muna Barat yang baru pisah dari kabupaten induk, Muna, belum memiliki APBD sendiri.

Namun dengan upaya yang sungguh dan dukungan masyarakat kata dia, membangun ketiga sektor tersebut bukan pula hal yang sulit.

"Insya Allah dengan dukungan seluruh elemen masyarakat, kita bisa mengatasi ketiga sektor yang menjadi kebutuhan utama masyarakat Muna Barat," katanya.

Menurut dia, Muna Barat memiliki potensi sumber daya alam cukup melimpah. Mulai dari potensi pertanian, perikanan dalam arti luas, peternakan dan sektor pariwisata.

"Jika berbagai potensi sumber daya alam itu dikelola dengan baik, maka dipastikan bisa mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan," katanya.

Pewarta : Gusti Wilantara
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024