Kendari  (Antara News) - 15  satuan kerja (satker) di Sulawesi Tenggara (Sultra), memperoleh penghargaan `Treasury Award 2014` dari Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendahaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Treasury Award adalah penghargaan terhadap kinerja instansi pemerintah yang diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kualitas pelaporan serta pertanggungjawaban keuangan Negara.

Adapun satuan kerja penerima Treasury Award 2014 kategori laporan keuangan unit akuntansi pembantu pengguna anggaran wilayah (UAPPA-W) jenis kewenangan kantor daerah (KD) dan Kantor Pusat (KP), untuk peringkat pertama adalah Polda Sultra, peringkat Kedua Kanwil Kemenag Sultra, ketiga BPS Sultra, ke empat adalah Kanwil BPN Sultra dan kelima adalah Kantor Keyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kendari.

Untuk kategori laporan keuangan unit akuntansi kuasa pengguna anggaran (UAKPA) jenis keuangan dekonsentrasi (DK), sebagai peringkat pertama Badan Ketahanan Pangan SUltra, peringkat kedua Dinas Kehutanan Sultra, ketiga Dinas Koperasi UMKM SUltra, keempat adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sultra, kelima adalah Satpol PP Sultra.

Kategori laporan keuangan unit akuntansi kuasa penggunan anggaran (UAKPA) jenis kewenangan tugas pembantuan (TP) dan urusan bersama (UB), peringkat pertama adalah Dinas Pekerjaan Umum Prov Sultra, peringkat kedua Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan kehutanan Kabupaten Buton, ketiga adalah Dinas Pertanian Prov Sultra, keempat adalah Dinas Pertanian Kabupaten Buton dan kelima adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana.

Ditjen Perbendahaan Provinsi Sultra, juga memberikan penghargaan kepada satker pengelola belanja modal dengan kinerja terbaik yakni urutan pertama adalah Pelaksana jalan Nasional Wilayah III Sultra, kedua adalah Pengembangan Kawasan Pemukiman Sultra, terbaik ketiga adalah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Konawe Selatan, keempat adalah Distrik Navigasi Kendari dan terbaik lima adalah Bandar Udara Sugimanuru Muna Sultra.

Kemudian Pengelola Belanja barang dengan kinerja terbaik, peringkat pertama adalah LPMP Sultra, kedua BPM Sultra, ketiga Kanwil Kemenag SUltra, keempat Dinas Dikbud Sultra kelima Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Sultra.

Satker peraih penghargaan pengelola belanja bantuan sosial dengan kinerja terbaik, peringkat pertama adalah Dinas Pertanian Sultra, kedua BPM dan Pemerintahan Desa Kabupaten Muna, peringkat ketiga Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB Kabupaten Bombana, keempat Dinas Perkebunan dan Hortikultura SUltra, kelima adalah BPM dan Pemerintahan Desa Kabupaten Kolaka Utara.

Satker pengelola Belanja pegawai dengan kinerja terbaik yakni peringkat pertama adalah Korem 143 Haluoleo, kedua Universitas Haluoleo, ketiga Polres Kendari, keempat Kantor Kemenag Kota Kendari, kelima Polres Muna.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, Murni H, yang dirangkaikan dengan rapat kerja daerah akuntansi dan pelaporan keuangan evaluasi pelaksanaan APBN tahun 2014, Selasa, di Kendari.

"Pemberian award ini untuk memberikan semangat dan kepada satuan kerja agar bekerja lebih baik lagi baik dalam pelaporan keuangan sesuai dengan kaudah maupun dalam penyerapan anggaran," katanya.

Penyerapan anggaran tinggi kata Murni, akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat karena pembangunan akan berjalan dengan baik, tetapi kalau penyerapan anggaran sendah akan berdampak pada lambannya pembanguann di daerah.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024