Wangiwangi (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Wakatobi dipercaya menjadi penyelenggara kegiatan `Meeting United Cities And Local Governments Asia Pacific (UCLG-ASPAC)` 2015.

Nota kesepahaman menjadi penyelenggara Meeting UCLG-ASPAC 2015 tersebut ditandangani Sekretaris Daerah Wakatobi, Sudjiton dan Sekretaris Jenderal UCLG - ASPAC, Bernadia Tjandradewi di Wangiwangi, Senin (10/11).

"Penunjukan Wakatobi sebagai tuan rumah penyelenggara Meeting ULCG-ASPAC disepakati melalui Kongres ke-5 UCLG-ASPAC di Taipe Taiwan awal September 2014, namun MoU-nya baru kita tanda tangani Senin kemarin," kata Sekjen UCLG - ASPAC, Bernadia Tjandradewi di sela-sela Seminar Budaya Nasional di Wangiwangi, Selasa.

Menurut dia, kegiatan Meeting ULCG - ASPAC di Wakatobi yang akan digelar September 2015, diperkirakan akan diikuti sekitar 500 peserta termasuk 200 bupati/wali kota dan gubernur se Asia Pasifik.

"Tanggal pasti dari penyelenggaraan `meeting UCLG - ASPAC` masih akan dibicarakan kembali, disesuaikan dengan kesiapan waktu Pemerintah Kabupaten Wakatobi. Yang pati tidak akan bergeser dari bulan September," katanya.

Ia mengatakan UCLG - ASPAC merupakan asosiasi pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi di kawasan Asia Pasifik.

Setiap tahun katanya, anggota dari UCLG - ASPAC selalu menyelenggarakan meeting, terkait masalah-masalah pemerintahan dan pembangunan di kabupaten/kota dan provinsi yang menjadi anggotanya.

"Kita harapkan, Presiden Joko Widodo bisa menghadiri sekaligus membuka kegiatan meeting yang akan dihadiri 200 bupati/walikota dan gubernur se Asia Pasifik itu," katanya.

Pewarta : Oleh: Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024