Andoolo (Antara News) - Peserta tes kemampuan dasar (TKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Konawe Selatan yang memperoleh nilai tertinggi sementara adalah 401 dan terendah 65.

Sekretaris Panselda Konawe Selatan Aswan di Andoolo, Rabu, mengatakan tes dilaksanakan secara bertahap dari jumlah peminat sebanyak 2.063 orang karena sarana kumputer terbatas.

Dari hasil tes dengan sistem Computer Assited Test (CAT) tersebut diketahui "passing grade" tertinggi, yakni 401 dan terendah adalah 65.

Berdasarkan hasil "print out" tes dapat diketahui berapa peserta yang dinyatakan lolos "passing grade" dan yang tidak lolos.

Lolos "passing grade" dengan standar 271 itu akan dilihat berdasarkan tiga poin. Masing-masing Tes Intelegencia Umum (TIU) dengan bobot 75, Test Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan bobot 70 dan tes Kepribadian (TKP) yang dibobot 126.

Lolos "passing grade" jika mencapai standar poin 271 dengan capaian tiga poin tersebut. Namun jika salah satunya tidak mencapai, tetapi poinnya sampai di angka 271 juga tidak dikategorikan lolos dari "paasing grade".

"Untuk sementara dari 1500 orang yang sudah mengikuti tes, `passing grade` yang dicapai peserta adalah 401 dan yang terendah 65," kata Aswan.

Capaian "passing grade" tidak menjadi jaminan lulus, tetapi masih akan diajukan di Panselnas BAKN Pusat yang berwenang mengumumkan.

Hasil tes "passing grade" dengan standar 271 tersebut, selanjutnya akan di rangking hingga yang mencapai angka tertinggi. Peringkat itu kemudian akan dipilah-pilah berdasarkan pendaftar kuota CPNS dari 81 kuota yang ada.

"Kalau peserta yang `passing grade`-nya di bawah 271 sudah hampir dipastikan dinyatakan gugur dalam kompetensi dan yang mencapai angka standar `passing grade` selanjutnya akan diajukan di Kemenpan," ujarnya.

Berdasarkan pelaksanaan tes CPNS dengan sistem CAT yang digelar di Aula Wonua Monapa secara keseluruhan berjalan baik dan tertib.

Panitia sudah dapat memastikan jadwal test-nya akan berakhir pada tanggal 23 Oktober 2014. Hal itu sesuai data yang telah mengikuti tes sudah mencapai 1500-san peserta dan tinggal mengisahkan 500 orang sejak dibuka pada tanggal 15 Oktober lalu.

Pewarta : Oleh: Sarjono
Editor :
Copyright © ANTARA 2024