Mamuju (Antara News) - Sumber daya petani di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat dinilai rendah sehingga menjadi kendala dalam pengembangan produksi sejumlah komoditi pertanian.

         Sekertaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mamuju, Ir Sujiono di Mamuju, Jumat, mengatakan, tugas pemerintah di Mamuju saat ini adalah membangun sumber daya petani agar memiliki keahlian dalam mengembangkan sejumlah komoditi pertanian.

         Ia mengatakan, petani mesti dibekali dengan pengetahuan agar sumber dayanya meningkat mengembangkan pertanian sehingga peningkatan produksi sejumlah komoditi pertanian di Mamuju dapat terjadi.

         Menurut dia, selama ini petani kesulitan mengembangkan produksi pertanian karena sumber dayanya rendah tidak seperti di daerah lain yang petaninya telah maju mengembangkan pertanian.

         "Mamuju kaya akan potensi komoditi pertanian yang bisa dikembangkan seperti tanaman padi palawija dan holtikultura, ketika itu dikembangkan dengan baik, maka akan mampu meningkatkan kesejahteraan petani," katanya.

         Dia mengatakan petani terus dikembangkan sumber dayanya melakukan program sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu (SLPTT) yang dilaksanakan pemerintah di Mamuju setiap tahun.

         "SLPTT terus digalakkan pemerintah di Mamuju dengan diberikan dukungan anggaran untuk peningkatan sumber daya petani, khususnya agar menguasai teknologi pertanian, pola tanam, dan penggunaan benih bermutu yang sesuai dengan kebutuhan peningkatan produksi komoditi pertian," katanya.

Pewarta : Oleh M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024