Sawerigading  (Antara) - Pejabat Bupati Muna Barat, Sulawesi Tenggara, L.M. Rajiun Tumada, mengajak masyarakat dan para kepala desa di wilayah itu untuk bersama-sama membangun daerah.

"Mari kita bersama-sama membangun daerah ini, sehingga bisa berkembang maju sejajar dengan kabupaten-kabupaten lain yang sudah lebih dahulu berkembang maju," katanya di Sawerigading, Selasa (14/10) malam.

Tumada mengatakan hal itu, saat pesta rakyat menyambut terbentuknya pemerintahan baru Kabupaten Muna Barat yang merupakan daerah otonom baru, pemekaran dari Kabupaten Muna.

Ia menjelaskan dengan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat, terutama para kepala desa, di wilayah Muna Barat dalam membangun daerah setempat, kabupaten otonom baru itu bisa berkembang dan maju, sedangkan masyarakatnya makin hidup sejahtera.

"Tujuan pemerintah memekarkan wilayah ini pisah dari kabupaten induk, Muna, semata-mata untuk mendekatkan rentang kendali pemerintahan kepada masyarakat sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat di wilayah ini bisa membaik," katanya.

Untuk bisa memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat, katanya, seluruh elemen harus bersama-sama berkontribusi membangun daerah, terutama membuka keterisolasian wilayah dari dunia luar.

Kepada masyarakat Muna Barat, ia mengatakan tugas utama pejabat bupati yang diberikan pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri, adalah mempersiapkan terpilihnya bupati definitif.

Selain itu, kata dia, membentuk organisasi pemerintahan, menjalankan roda pemerintahan, dan pembangunan kemasyarakatan.

"Tugas ini hanya bisa berjalan baik dan mencapai sukses kalau kita semua ikut berpartisipasi membangun daerah, terutama menjaga stabilitas keamanan di tengah masyarakat," katanya.

Pewarta : Gusti Wilantara
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024