Raha  (Antara News) - Komandan Kodim (Dandim) 1416 Muna, Sulawesi Tenggara, Letkol Inf Meyer Adwin Sianturi, pimpin upacara Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-69 bertempat di lapangan Ma Kodim 1416, Muna, Selasa.

Hadir pada peringatan HUT TNI kali ini, Bupati Muna,dr LM Baharuddin, Ketua DPRD Uking Djasa, Wakil Ketua DPRD,Rajab Biku, Waka Polres serta unsur pimpinan SKPD di daerah.

Dalam sambutannya, Meyer Adwin mengatakan, HUT TNI memaknai filsafat dan hakikat di hari jadinya yang ke-69 secara maatematis dan telah menghitung kemajuan yang telah dicapai, baik pembangunan fisik kekuatan dan kemampuan serta pembangunan spiritual dan kulturural.

Pada sisi lainnya, TNI sebagai komponen bangsa serta fungsinya sebagai unsur keamanan dan pertahanan negara yang implementasinya ditunjukan dengan ketaatan dan kebaikan sebagai kepentingan bangsa dan negara.

"Salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat atas pembangunan TNI yang telah dilaksanakan khususnya pada tahun 2014. Oleh karena itu, TNI masih berada pada hakekat dirinya sebagai prajurit pejuang yang cinta rakyat," ujarnya.

TNI menurut dia,merupakan salah satu subtansi pengembangan kapasitas yang diamanatkan undang undang dalam rangka menjamin keberlangsungan pelaksanaan pembangunan nasional.

Tak hanya itu, TNI sebagai patriot sejati yang menjadi kebanggaan dan kebangkitan rakyat serta memberikan kepercayaan atas kekuatan sendiri bangsa Indonesia dalam melanjutkan pembangunan nasional.

"TNI senantiasa membangun mekanisme kerja komponen bangsa dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan nasional sebagai akumulasi menghadapi tantangan globalisasi yang berkembang dinamis disemua sisi kehidupan,"ujarnya.

Ia menambahkan, TNI mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI dapat memaknai usia TNI dengan tekad dan janji untuk meningkatkan kinerja dan kreafitas pengabdian dimasa yang akan datang.

"Sebelum memperingati HUT TNI yang ke -69 ini, TNI telah melakukan kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan seperti donor darah,pengobatan massal serta lainnya dan bekerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan.Dalam HUT kali ini TNI mengangkat Tema Patriot Sejati, Profesional dan di Cintai Rakyat," ujarnya.

Pewarta : Gusti Wilantara
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024