Kolaka,22/9 (Antara) - Sekitar 50 hektar sawah yang berada di Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka mengalami kekeringan akibat dampak badai Elnino.

Kepala Dinas Pertanian,Holtikultura dan Peternakan Kolaka,Alva Talanipa yang dikonfirmasi membenarkan kondisi kekeringan yang melanda para petani di daerah itu.

"Menurut laporan yang kami terima memang sekitar 50 hektar sawah warga di daerah itu mengalami kekeringan akibat kemarau," katanya.

Namun kata dia,pihak Pemerintah Kabupaten sudah mengambil langkah-langkah dengan melakukan pencarian sumber mata air yang ada di daerah itu untuk dilakukan penyedotan sehingga sawah warga bisa terbebas dari kemarau panjang.

"Meskipun demikian masih ada juga sawah warga lainnya yang berada di beberapa kecamatan lain berhasil di panen sehingga dampak kekeringan itu tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil panen," ungkapnya.

Alva juga menghimbau kepada para petani agar tidak terlalu menjual hasil panen padi sawah sehingga kebutuhan stok stok pangan masih mencukupi hingga berakhirnya musim kemarau panjang ini.

Selain itu kata mantan kadis pariwisata Kolaka itu,pihaknya akan melakukan pendataan sawah warga yang terkena dampak kemarau untuk diusulkan ke Pemerintah Provinsi.

"Kami lakukan pendataan tentang kerugian warga terkait musim kemarau ini agar nantinya pihak Pemerintah pusat bisa menggantikan bibit padi sehingga tidak terlalu membebani petani sawah," ujar Alva Talanipa.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024