Kolaka (Antara News) - Satu unit mobil jenis Avanza bernomor polisi DD 513 XM terbakar di tengah jalan raya usai melakukan pengisian BBM di SPBU dalam kota Kolaka mengakibatkan tiga rumah toko (ruko) yang berada di di lokasi tersebut juga ikut terbakar, Jumat.

Kebakaran bermula saat mobil Avanza berwarna putih itu mengalami kerusakan, sehingga api yang diduga berasal dari mesin mobil itu menyulut bensin yang berada di kendaraan itu.

"Saat kejadian terlihat mobil sudah terbakar, bahkan sopinya juga langsung lompat dan keluar dari mobil, namun bensin yang berada di dalam mobil itu juga terbakar, sehingga menyambar salah satu barang jualan pakaian di ruko dekat mobil terbakar itu," kata H.Arsyad, salah seorang saksi mata di tempat kerjadian perkara (TKP) itu.

Ketika pengemudi keluar dari mobil terbakar itu, kata dia, sempat mengambil jerigen berisi BBM jenis bensin yang tersimpan dalam mobil itu, sehingga api dengan cepat menyulut jerigen berisi bensin tersebut dan akhirnya meledak.

Dalam insiden kebakaran itu, kata dia, pengemudi mobil Avanza itu mengalami luka bakar, sehingga segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan perawatan dari tim medis.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemda Kolaka ditambah sat unit mobil pemadama dari PT Antam serta satu unit water canon milik Polres Kolaka dikerahkan untuk memadamkan api yang berkobar dan akan menjalar di beberapa tiang instalasi listrik di lokasi tersebut.

Tim pemadam kebakaran berusaha memadamkan kobaran api dalam kondisi angin kencang itu selama tiga jam. Kondisi arus lalulintas di jalan raya tersebut terjadi macet total.

Aparat Polres Kolaka bersama warga ikut membantu memadamkan api agar tidak merembet ke rumah warga lainnya, sekaligus membantu barang korban yang tersisa dari lalapan si jagi merah itu. Hingga kini belum dapat diketahui kerugian yang timbul akibat musibah kebakaran tersebut.

Pewarta : Oleh: Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024