Kendari  (Antara News) - Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Hugua menghadiri Kongres ke-5 United Cities And Local Governments Asia Pacific (UCLG-ASPAC) di Taipe, Taiwan.

Bupati Wakatobi Hugua melalui telepon selular dari Taipe-Kendari, Rabu, mengatakan, pada kongres ke-5 UCLG-ASPAC yang berlangsung 3-5 September 2014 itu, dirinya akan mengikuti tiga agenda penting.

"Ketiga agenda penting itu yakni `Roundtable Meeting`, Seminar Pembangunan Berkelanjutan dan Pemilihan Presiden UCLG-ASPAC," katanya.

Menurut dia, pada `Roundtable Meeting` peserta kongres akan membahas tentang `best practice` pembangunan yang berkaitan dengan perencanaan dan pembangunan berkelanjutan pada kabupaten/kota di negara-negara Asia Pacific.

Hasil dari pembahasan tersebut kata dia, akan menjadi masukan dalam persiapan `Global Taskforce of Local and Regional Government for Post 2015 Habitat agenda 3 pada `general assembly meeting` di kantor PBB di New York pada 17 - 19 september 2014.

"Hasil pertemuan melalui `Roundtable Meeting` ini akan sangat menentukan arah kebijakan pembangunan berkelanjutan di negara-negara Asia Pacific yang menjadi anggota UCLG - ASPAC," katanya.

Sedangkan pada Seminar Pembangunan Berkelanjutan katanya, dirinya diberi kehormatan menjadi pemateri dengan topik `Best Practice` pencapaian target MDGs dan Pembangunan berkelanjutan di Wakatobi dan Indonesia.

"Hasil seminar yang diikuti para paraktisi dan akademisi se Asia Pacific ini juga akan menjadi bahan masukan dalam persiapan Global Taskforce of Local and Regional Government for Post 2015 Habitat agenda 3 pada general assembly meeting di kantor PBB di New York," katanya.

Sementara agenda pemilihan presiden UCLG -ASPAC, akan menggantikan Presiden UCLG- ASPAC periode 2012 - 2014, Syed Muhammad Ashar Shah Gillani.

"Siapa-siapa yang akan menjadi calon presiden UCLG - ASPAC, masih akan dibahas dalam kongres," katanya.

Sedangkan salah satu dari Wakil Presiden UCLG ASPAC yang akan berakhir masa jabatannya, adalah Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

Pewarta : Agus
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024