Kendari  (Antara News) - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) wilayah VI meliputi Sulawesi Maluku dan Papua menggelar Workshop energi alternatif yang dilaksanakan di kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), 27-29 Agusatus.

Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua APEKSI wilayah VI, yakni Wali Kota Gorontalo, Marten A Taha, dan beberapa wali Kota di wilayah tersebut yakni Wali Kota Palopo HM Judas Amir , Wali Kota Baubau AS.Thamrin dan Wali Kota Kendari Asrun.

Kegiatan yang menagakat tema "pemanfaatan energi alternatif dan konversi energi sebagai partisipan masyaraiak dalam menunjang program energi mandiri tersebut dibuka oleh Wali Kota Kendari, Asrun.

Dalam kesmepatan itu, Asrun, mencerikan kiat-kiat yang dilakukan sampai berhasil meraih adipura selama lima tahun berturut-turut dan meraih adipura kencana tahun 2014.

"Salah satu yang menjadi dasar pertimbangan Kementerian lingkungan hidup sehingga memberikan penghargaan Adipura Kencana kepada daerah kami karena keberhasilan memanfaatkan sampah menjadi gas metan yang digunakan oleh warga sekitar sebagai bahan penerangan dan untuk memasak," katanya.

Keberhasilan tersebut lanjut Asrun, dianggap bahwa kota Kendari sudah berhasil mengembangkan inovatif pemanfaatan energi alternatif yang sesuai dengan tema workshop energi alternatif.

Dalam kesempatan itu hadir pula Wali kota Surabaya, Tri Risma, untuk membawakan materi mengenai kiat-kiat membangun Kota Surabaya sehingga bisa meraih adipura kencara.

APEKSI wilayah VI diantaranya Kota Makassar, Palopo, Parepare, Palu, Kendari, Baubau, Gorontalo, Bitung, Tomohon, Manado, Tidore Kepulauan, Ternate, Ambon dan Tual.

Pewarta : Suparman
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024