Kairo (Antara News) - Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia di Mesir diwarnai pemotongan tumpeng di Wisma Duta KBRI Kairo, Ahad.

       Duta Besar dan Berkuasa Penuh KBRI Kairo Nurfaizi Suwandi didampingi jajaran pimpinan KBRI melakukan pemotongan tumpeng tersebut di hadapan masyarakat Indonesia setempat.

       "Pemotongan tumpeng ini merupakan tanda syukuran atas HUT Ke-69 Proklamasi Kemerdekaan RI," kata Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Kairo Windratmo Suwarno.

       Perhelatan potong tumpeng dan sajian hidangan khas Indonesia itu dilakukan usai upacara pengibaran bendera di taman mini Wisma KBRI.

       Bertindak sebagai inspektur upacara Dubes Nurfaizi dan komandan upacara oleh Atase Pertahanan KBRI Kairo Kolonel Marinir Ipung Purwadi.

        Pasukan pengibaran bendera Merah Putih oleh putra-putra dari Sekolah Indonesia Kairo.

        Peserta upacara bendera itu selain staf KBRI Kairo, juga Dharma Wanita Persatuan KBRI Kairo, mahasiswa, siswa dan guru Sekolah Indonesia Kairo, serta masyarakat Indonesia.

        Ketua Panitia HUT Ke-69 RI Kolonel Ipung Purwadi mengatakan bahwa dirgahayu RI kali ini dimeriahkan dengan beragam perlobaan seperti tenis meja dan lari karung.

        Di sis lain, Dubes Nurfaizi juga melakukan penyematan tanda jasa Satyalencana Karya Satya untuk masa bakti 20 tahun kepada dua diplomat senior.

        Penerima anugrah Satyalencana Karya Satya 20 tahun itu masing-masing Kepala Fungsi Politik KBRI Kairo Meri Binsar Simorangkir dan Kepala Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Kairo Nugroho  Yuwono Aribhimo.

        Tampak beberapa media cetak dan media elektronik Mesir meliput perhelatan akbar tahunan tersebut.

        Sudah menjadi tradisi, Dubes RI juga menerima ucapan selamat HUT RI dari utusan Presiden Mesir dan kalangan pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, pebisnis, dan para duta besar negara sahabat di Mesir.

        Mesir menempati posisi khusus sebagai negara pertama di dunia yang mengakui Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dari jajahan Belanda.

        Adapun resepsi HUT RI di Negeri Ratu Cleopatra itu biasanya digelar pada bulan September setelah liburan musim panas.

Pewarta : Oleh Munawar Saman Makyanie
Editor :
Copyright © ANTARA 2024