Kendari  (Antara News) - Penumpang balik yang turun dan berangkat di Pelabuhan Kendari, Sulawesi Tenggara, sejak "H" lebaran hingga H+3 lebaran atau Kamis malam sudah mencapai 6.787 orang.

Ketua Tim Posko Pengamanan Mudik Lebaran Kendari, Arivai, di Kendari, Jumat pagi, mengatakan penumpang balik lebaran tersebut terdiri atas penumpang yang  turun di Pelabuhan Kendari sebanyak 4.347 orang dan yang meninggalkan Kendari sebanyak 2.440 orang.

"Penumpang balik yang turun di Pelabuhan Kendari berasal dari Baubau, Raha, Langara, Wangiwangi dan Waode Buri," katanya.

Selain itu, kata dia, para penumpang balik yang turun di Pelabuhan Kendari tersebut juga berasal dari Bungku, Sulawesi Tengah.

Sedangkan sebagian besar penumpang balik yang meninggalkan Pelabuhan Kendari, kata Arivai, bertujuan Baubau, Raha dan Langara.

"Pagi ini pukul 07.30 WITA penumpang balik dari Pelabuhan Kendari dengan tujuan Raha dan Baubau berjumlah 450 orang," katanya.

Ia memperkirakan arus balik mudik Lebaran di Pelabuhan Kendari baru akan mencapai puncak pada H+5 Lebaran, Sabtu, hingga H+6 Lebaran, Minggu (2/8).

Sebabnya ialah para pegawai negeri sipil maupun karyawan swasta sudah harus kembali bekerja seperti biasa pada H+7 Lebaran, Senin (4/8).

"Libur bersama secara nasional memang berakhir sampai dengan H+2 atau tanggal 30 Juli 2014, namun biasanya hari pertama masuk kerja masih banyak yang mangkir," katanya.

Pewarta : Agus
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024