Kendari (Antara News) - Sekitar tiga ribu jemaah shalat Idul Fitri memadati lapangan sepakbola Watubangga untuk melaksanakan shalat Id 1435 hijriyah di daerah itu, Senin.

Warga mendatangi tempat pelaksanaan shalat Id tersebut mulai pukul 06.00 wita yang diiringi dengan gema kumandang takbir kemenangan.

Shalat yang dimulai pukul 07.30 wita tersebut berjalan hikmat di bawah terik mentari pagi yang cerah, berbeda dari beberapa hari sebelumnya yang selalu mendung di pagi hari.

Khatib dalam kesempatan itu menekankan bahwa dari pelaksanaan ibadah puasa ada pesan jihad yang terkandung dengan cara jihad melawan hawa nafsu guna meraih keridhoan tuhan.

"Dalam konteks sosial, makna jihad harus mengacu pada pengentasan masalah sosial, sehingga perlu ada gagasan baru untuk mengentaskan masalah sosial di masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Camat Watubangga, Jamal, juga membacakan penyampaian dan pesan dari Bupati Kolaka, yang menekankan agar warga tetap tenang dalam menyambut hari kemenangan umat Islam.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei, dalam pesannya juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Kolaka yang baru dimpimpinnya kurang lebih setahun tersebut.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024