Kendari (Antara News) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara Brigjen Arkian Lubis beserta jajarannya memantau pos pengamanan lebaran di Kota Kendari.

"Ada delapan pos pengamannan yang kami pantau, hal itu dilakukan untuk mengecek kesiapan petugas dalam mengamankan suasana mudik dan menyambut lebaran Idul Fitri 1435 H," ujar Kapolda Arkian Lubis di Kendari, Kamis.

Pos pengaman lebaran tersebut berada di titik-titik yang dianggap rawan tindak kejahatan yakni di pusat-pusat perbelanjaan, terminal dan pelabuhan, termasuk titik-titik yang rawan terjadinya kejahatan sehingga harus diwaspadai.

Personel yang memperkuat pos pengamanan terdiri dari aparat kepolisian, TNI dan unsur-unsur terkait, seperti Dinas Perhubungan. Bahkan ada juga anggota pramuka yang membantu aparat untuk memantau kondisi keamanan di pos tersebut.

Kapolda Sultra Brigjend Arkian Lubis mengatakan Jajaran Kepolisian diharapkan mampu untuk melakukan deteksi dini terhadap setiap potensi yang dapat mengganggu ketertiban masyarakat, kelancaran lalulintas, tindak kejahatan maupun teror.

Selain itu katanya anggota kepolisian juga dituntut agar dapat membangun sinergi dengan pihak-pihak terkait demi kelancaran dan kesuksesan pelayanan masyarakat dan penegakan hukum.

Dalam kesempatan itu Kapolda Sultra meminta kepada masyarakat di daerah itu untuk dapat bekerja sama dengan aparat keamanan agar dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman.

"Peran serta masyarakat juga sangat diharapkan untuk dapat menciptakan kondisi yang aman selama Idul Fitri 1435 H" ujarnya.

Pewarta : Oleh Laode Abdul Rahman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024