Kendari (Antara News) - Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pilpres 2014 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan pasangan Prabowo-Hatta meraih 67.604 suara ungggul dari pasangan Jokowi-JK yang hanya meraih 48.430 suara.

Komisioner KPU Muna, Andang Rahmat Jaya yang dikonfirmasi melalu telepon di kendari, Kamis, mengatakan berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Mna (16/7), pada formulir model DB1, Pasangan nomor urut satu itu unggul dihampir seluruh kecamatan di daerah itu.

"Selama pleno berlangsung lancar dan seluruh saksi menerima. Pasangan nomor urut satu dinyatakan menang di Kabupaten Muna,"ujarnya.

Ia menambahkan perolehan itu berdasarkan hasil dari rekapitulasi di semua kecamatan yang ada di daerah itu.

Walau ada keberatan dari saksi kedua pasangan katanya KPU dan Panwaslu dapat menjelaskan duduk perkaranya, hingga akhirnya saksi menerima hasil suara tersebut.

Sementara itu, rapat pleno KPU Konawe dipimpin langsung oleh ketua komisioner KPU Kabupaten Muna dan dihadiri anggota Komisionernya serta sejumlah tokoh masyarakat dan kedua saksi pasangan Capres dan Cawapres.

Rapat pleno yang dimulai sekitar pukul 10.00 tersebut dilakukan dengan pembacaan hasil keputusan pleno rekapitulasi perolehan suara di masing-masing PPK. Seluruh Ketua PPK hadir dan membaca secara bergatian. Tidak ada keberatan yang berarti dari saksi pasangan Capres.

Rapat berlangsung lancar dan aman dan tertib dengan pengawasan panwalu kabupaten serta mendapat penjagaan puluhan personel keamanan.

Pewarta : Oleh Laode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024