Kendari (Antara News) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, memastikan rekapitulasi suara pemilihan presiden dan wakil presiden pada 9 Juli lalu di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) telah rampung.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Konawe Selatan Jabal Nur di Kendari, Selasa, mengatakan kotak suara yang dimobilisasi dari kecamatan dengan pengawalan aparat kepolisian telah diterima di kantor KPU kabupaten.

"Rekapitulasi secara berjenjang dari tingkat KPPS hingga kecamatan se-Konawe Selatan telah selesai dan berjalan lancar," katanya.

Sedangkan rapat pleno penetapan suara pilpres di tingkat KPU Kabupaten Konawe Selatan dijadwalkan berlangsung 17 Juli 2014.

"Berdasarkan pantauan KPU Konawe Selatan bahwa rekapitulasi di tingkat KPPS hingga PPK berjalan cukup dinamis. Klarifikasi dari saksi tetap ada untuk menyamakan persepsi," katanya.

KPU Konawe Selatan tidak henti-hentinya menyampaikan apresiasi kepada seluruh rakyat dan semua pihak yang berpartisipasi atas terselenggaranya proses pemilihan hingga hari ini, katanya.

Data KPU Konawe Selatan menyebutkan wajib pilih untuk Pilpres sebanyak 195.398 jiwa atau bertambah dibandingkan saat Pemilu Legislatif 9 April 2014 tercatat 193.350 orang.

Rakyat Konawe Selatan menyalurkan hak suara pada 441 TPS atau berkurang dibandingkan jumlah TPS pada pemilu legislatif lalu sebanyak 637 TPS.

Pewarta : oleh Sarjono
Editor :
Copyright © ANTARA 2024