Kendari,  (Antara News) - Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla, meraih suara terbanyak di tempat pemungutan suara (TPS) 01 Kelurahan Anaiwoi Kota Kendari, tempat Gubernur Sultra Nur Alam melakukan pencoblosan.

Pantaua Antara di TPS 01 Anaiwoi Kendari, Rabu, Jokowi-JK meraih suara 246, sedangkan Prabowo-Hatta 208 suata atau selisih 38 suara, satu suara dinyatakan batal. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut 764, namun pemilih yang menggunakan hak pilihnya 455 orang.

Gubernur Sultra yang juga Ketua DPW PAN Sultra pada pagi harinya menyalurkan hak pilih di TPS tersebut bersama istri yang juga anggota DPR terpilih dari PAN periode 2014-2019 Hasnawati Hasan.

Pemungutan dan penghitungan suara di TPS 01 Anaiwoi berlangsung lancar, disaksikan puluhan masyarakat, Panwas, kedua saksi peserta pemilu, aparat kepolisian dan TNI. Penghitungan berlangsung meriah dari para pendukung, apalagi pada pada tahap awal penghitungan suara saling kejar mengejar antara kedua kandidat presiden.

Irfan, salah satu tokoh pemuda di sekitar TPS tersebut mengatakan, Prabowo-Hatta sulit menang di TPS tersebut meskipun pengaruh gubernur Sultra sebagai Ketua PAN cukup besar. Lingkungan tersebut dihuni oleh masyarakat heterogen dan sebagian besar merupakan generasi muda yang mendukung Jokowi-JK.

"Kami anak muda di sini semua dukung Jokowi-JK. Kami berbeda pandangan dengan sebagian besar orang tua dari kalangan PNS yang mendukung Prabowo-Hatta," katanya.

Sementara itu, TPS lainnya di Kelurahan Anaiwoi, yakni TPS 02 berhasil dimenangkan Prabowo-Hatta dengan 122 melawan 120 suara untuk Jokowi JK. Sedangkan di TPS 10 Jokowi-JK kembali menang dengan suara sebanyak 175, sedangkan Prabowo-Hatta 127.

Pewarta : Oleh Ashari
Editor :
Copyright © ANTARA 2024