Gorontalo (Antara News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo target meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selamanya pada pengelolaan keuangan daerah.

         Hal itu diungkapkan Wakil bupati (Wabup) Tony Junus, Rabu, setelah pemerintah daerah kembali meraih penghargaan WTP untuk laporan keuangan tahun anggaran 2013.

         Artinya, selama lima tahun berturut-turut sejak tahun anggaran 2009, pemerintah daerah mampu mempertahankan opini WTP karena dinilai pelaporan keuangan telah disajikan secara wajar.

         "Mencakup seluruh material dan kehandalan dalam pengambilan keputusan, menunjukkan kita mampu melaksanakan reformasi di bidang pengelolaan keuangan daerah," ungkap Wabup.

         Komitmen seluruh aparat penegak integritas, khususnya Dinas Keuangan dan Inventaris Daerah diharapkan terus terjaga, tidak ada bendahara maupun pengelola aset yang memberikan laporan palsu.

         "Pelaporan administrasi dan kondisi faktual dalam pengelolaan keuangan harus sama," ujarnya.

         Agar prestasi ini terus dipertahankan tidak sekedar meraih penghargaan, namun benar-benar mampu mengelola keuangan daerah secara bertanggungjawab, tepat sasaran dan manfaatnya, agar target meraih WTP selamanya mampu tercapai.

         Pemkab memberikan apresiasi yang sangat besar kepada BPK RI Perwakilan Gorontalo, atas penelitian rekam jejak pengelolaan keuangan daerah ini.

         "Pemkab akan terus berkoordinasi dan mengkomunikasikan seluruh permasalahan maupun hambatan yang ditemui, mengkonsultasikannya sedini mungkin, agar pengelolaan keuangan yang optimal dapat terus terwujud," ujar Wabup.

Pewarta : Oleh Susanti Sako
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024