Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus mendorong anak-anak usia dini di daerah itu agar peduli lingkungan.

"Salah satu bentuk upaya kita untuk mendorong anak peduli lingkungan, yakni menggelar lomba melukis dan mewarnai dengan tema Kendari kota hijau," kata Wali Kota Kendari, Asrun, saat membuka kegiatan lomba melukis dan mewarnai anak se - Kota Kendari, di Taman Kota, Minggu.

Menurut Wali Kota, peduli lingkungan merupakan salah satu upaya membentuk karakter dan mendidik anak agar bisa mengambil pelajaran dari alam lingkungan.

"Makanan dan pakaian saja belum cukup untuk mendidik anak, perlu adanya kesadaran yang tinggi dan kemauan yang kuat untuk ciptakan kepedulian dan responsif kepada lingkungan," katanya.

Dia menjelaskan, anak merupakan potensi yang sangat penting bagi generasi penerus bangsa, sehingga Pemkot selalu berusaha agar kebutuhan bermain dan belajar anak terpenuhi.

"Salah satunya kami membangun beberapa taman kota yang dilengkapi dengan berbagai sarana bermain bagi anak," katanya.

Kepala Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan Kendari, Siti Ganef, mengatakan, kegiatan itu merupakan rangkaian dari peringatan hari ulang tahun Kendari ke-183 tahun 2014 pada 9 Mei mendatang.

"Peringatan HUT tidak hanya untuk kalangan orang tua, tetapi juga melibatkan anak-anak. Apalagi Kendari ini sebagai kota layak anak, selayaknya tugas kita untuk memenuhi kebutuhan dan keamanan anak dimanapun dia berada. Sehingga bebas berekspresi sesuai bakatnya," katanya.

Kegiatan ini diikuti peserta dari sekolah dasar dan taman kanak-kanak yang ada di Kota Kendari.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024