Kendari,  (Antara News) - Sedikitnya ada 116 kelompok barisan  yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra), dari berbagai instansi  ikut memeriahkan perayaan hari ulang tahun (HUT) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang ke-50 tahun 2014 dengan cara berpartisipasi mengikuti gerak jalan indah.

Salah satu instansi vertikal yang turut berpartisipasi terhadap kegiatan itu adalah kementerian Agama (Kemenag) Sultra, yang ikut berpartisipasi pada lomba gerak jalan indah, lomba karnaval kendaraan hias dan berpartisipasi dalam pameran pembangunan yang merupakan rangkaian HUT Sultra.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sultra, Rakhman, bertindak sebagai pemimpin barisan gerak jalan dari intansi Kemenga Sultra yang diselenggarakan bersama seluruh intansi daerah yang dilaksanakan Minggu, dengan rute Alun-alun Kendari sampai di Pantai Kendari atau Kendari Beach.

"Kami sudah berkomitmen untuk ikut berpartisipasi terhadap seluruh kegiatan provinsi dan kabupaten kota yang membutuhkan partisipasi dan keterlibatan berbagai pihak. Kalau ada gerak jalan seperti ini, maka saya selaku kepala Kanwil Kemenag yang akan langsung memimpin barisan seperti yang saya lakukan hari ini," kata Rakhman usai memimpin barisan gerak jalan indah tersebut.

Peserta Gerak jalan indah tersebut dilepas langsung oleh Gubernur Sultra, H.Nur Alam, usai melepas barisan, Nur Alam dengan menggunakan kendaraan sepeda menuju garis finish untuk menerima barisan atau peserta gerak jalan indah di garis finish Kendari Beach.

Gerak jalan indah kali ini berbeda dengan pelaksanaan gerak jalan yang lazim dilakukan, terutama dari degi jumlah peserta dalam satu barisan yakni 50 orang per barisan, ini menunjukan bahwa Sultra sudah berumur ke-50 tahun atau disebut ulang tahun emas.

Barisan pembuka dalam gerak jalan tersebut adalah seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Sultra yang dipimpin oleh Sekda Sultra, Dr.H Lukman Abunawas.

Pantauan, ribuan warga memenuhi sepanjang jalan yang menjadi rute pelaksanaan kegiatan gerak jalan indah tersebut yang ditemupuh kurang lebih 9-10 kilometer.

Keterangan dari panitia gerak jalan indah Sultra, jumlah kelompok gerak jalan umum yang memasuki hari ke tiga itu tercatat 116 kelompok, terdiri dari seluruh Dinas dan Bandan Provinsi Sultra, Instansi vertikal, tim penggerak PKK, Perbankan, instansi dari kabupaten/kota se Sultra, Organisasi Pemuda dan Organisasi Masyarakat, dan tidak ketinggalan satu kelompok dari waria.

Hadir pada kegiatan lomba jalan indah, di panggung kehormatan, gubernur didampingi istri Ny Asnawati Hasan Tina Nur Alam dan Sekda Lukman Abunawas bersama istri, juga tampak bupati Konawe Utara Aswad Sulemman, wakil bupati Bombana Ny Hj Masyura Illa Ladamai dan para pimpinan instansu dan badan provinsi.


Pewarta : Suparman/Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024