Andoolo (Antara News) - Partai Golongan Karya diprediksi sebagai pengumpul suara terbanyak pada Pemilihan Umum legislatif 2014 di Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).
Ketua KPU Konawe Selatan, Jabal Nur di Andoolo, Jumat, mengatakan, rapat pleno panitia tingkat kecamatan se-Konawe Selatan telah selesai dilaksanakan.
Meskipun penyelenggara masih menyisahkan rapat pleno tingkat kabupaten namun data perolehan suara yang terangkum dari seluruh kecamatan menggambarkan Partai Golkar unggul.
"Untuk sementara Partai Golkar memperoleh suara terbanyak Pemilu di Konsel. Golkar memperoleh suara dominan setiap daerah pemilihan dan memastikan kuota kursi," kata Jabal.
Partai Gerindra sebagai peraih suara terbanyak kedua menyusul PAN, Nasdem, PDIP, PKB.
Berdasarkan rekapitulasi PPK juga menggambarkan bahwa pemilu 2014 di Konawe Selatan menjadi tahun perempuan.
Dari 35 kursi yang perebutkan di Konawe Selatan, 12 diantaranya akan di isi oleh kaum srikandi. Artinya persentase 30 persen dapat dicapai, bahkan lebih.
"Perolehan suara sudah dapat dipetakkan caleg dan partai apa yang memperoleh kursi di DPRD. Namun belum dapat disebutkan siapa pemilik kursi DPRD karena KPU masih melakukan input data yang akan plenokan pada Senin (21/4)," kata Jabal didampingi Sekretaris KPU Supardjo.
Dari empat daerah Pemilihan, Partai Golkar dan Gerindra menempatkan masing-masing 5 kursi, disusul Nasdem 4 kursi, PAN 4 kursi, PDIP 4 kursi, PKB 4 kursi, Demokrat 4 kursi, PKS 2 kursi Hanura 1 Kursi, PPP 1 kursi dan PBB 1 kursi.
"Gambaran perolehan sementara seperti itu, tetapi itu belum disimpulkan, karena semua rekapan dari PPK masih dalam proses input. Begitu juga soal siapa caleg yang menduduki kursi belum dapat disebutkan, karena belum ditetapkan melalui pleno," katanya.
Data yang dihimpun menyebutkan daerah Pemilihan Konsel I yang meliputi Kecamatan Tinanggea, Andoolo, Lalembuu dan Buke dari 9 kursi yang tersedia itu perolehan kursinya merata diraih masing-masing Partai kecuali PPP, PBB dan PKPI.
Dapil Konsel II yang meliputi Kecamatan Benua, Basala, Angata, Mowila, Landono, Ranomeeto Barat dan Ranomeeto, Partai Golkar dapat mengutus dua calegnya di DPRD Konsel dan PAN dari 10 kursi yang tersedia. Di Dapil ini PBB, PKPI, Hanura, PKS dan PPP yang tidak mendapatkan kursi.
Sementara di Dapil Konsel III yang meliputi Kecamatan Palangga, Baito, Palangga Selatan, Laeya, Lainea, Wolasi dan Konda, Partai Gerindra yang menjadi pemenang dengan meraih suara terbanyak dan berpeluang mengutus 2 calegnya di DPRD dari 10 kuota kursi.
Setelah itu masing-masing Partai mendapat 1 kursi, kecuali PKS, Hanura, PKPI.
Terakhir Dapil Konsel IV yang meliputi Kecamatan Laonti, Kolono, Moramo dan Moramo Utara. Perolehan suara di empat kecamatan ini, 6 partai berhasil menempatkan wakilnya yang akan menduduki kursi di DPRD Konsel, masing-masing Partai Nasdem, Golkar, Demokrat, PKB, Gerindra dan PKS.

Pewarta : Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024