Ternate,  (Antara News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, terus berupayua menyosialisasikan pemilu legislatif di daerah itu, di antaranya melalui kegiatan olahraga bersama.

         "Kami pada hari Minggu (9/3) akan menggelar kegiatan olahraga jalan sehat dengan mengundang berbagai lapisan masyarakat di Tidore, termasuk para siswa SMA sederajat," kata Ketua KPU Tidore Kepulauan Mochtar Alting di Tidore, Jumat.

         KPU Kota Tidore Kepulauan akan memanfaatkan kegiatan olahraga jalan sehat tersebut untuk menyosialisasikan berbagai hal terkait pelaksanaan pemilu legislatif, terutama pentingnya menggunakan hak pilih pada 9 April nanti kepada para peserta kegiatan olahraga jalan sehat.

         Ia mengatakan, menyosialisasikan pemilu legislatif melalui kegiatan seperti itu dinilai cukup efektif, karena dapat menjangkau berbagai kalangan masyarakat, termasuk para pemilih pemula pada waktu bersamaan dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

         KPU Kota Tidore Kepulauan sebelumnya telah pula menyosialisasikan pemilu legislative melalui pemasangan baliho dan spanduk, yang di antaranya berisi ajakan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih.

         Menyinggung pemilu legislatif, ia mengatakan, KPU Tidore Kepulauan sudah menerima hampir semua logistik pemilu, termasuk surat suara untuk DPR-RI, DPRD Provinis dan DPRD Kota serta DPD-RI.

         Khusus untuk surat suara, saat ini tengah disortir dan pelipatan yang melibatkan masyarakat setempat sementara pendistribusiannya ke seluruh wilayah Tidore Kepulauan ditargetkan paling lambat 5 April 2014 sudah sampai di setiap TPS.

         Ia menambahkan, KPU Tidore Kepualaun pada 15 Maret 2014 telah pula menjadwalkan kegiatan deklarasi kampanye damai dengan melibatkan seluruh parpol dan caleg, sebagai salah satu upaya menciptakan kampanye damai selama pelaksanaan kampanye terbuka pemilu legislatif di daerah itu.

Pewarta : oleh La Ode Aminuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024