Kendari,  (Antara News) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar apel siaga bencana mengantisipasi terjadinya musibah di daerah tersebut.

Kapolda Sultra Brigejn Pol Arkian Lubis di Kendari, Rabu mengatakan jajaran Polda Sultra memiliki personil dan peralatan memadai untuk melakukan pertolongan.

"Kalau terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, angin puting beliung dan kecelakaan laut maka kepolisian siap melakukan pertolongan," kata Kapolda Arkian.

Sarana pendukung untuk melakukan pertolongan yang dimiliki Polda Sultra, antara lain, rescue car, lampu darurat, perahu karet, gergaji rantai, pelampung, kapal dan anjing SAR.

"Fenomena bencana alam yang sering melanda Tanah Air mendorong Polri untuk mempersiapkan personil handal dan peralatan memadai yang dipasok ke jajaran Polda, termasuk Polda Sultra, kata Kapolda Arkian didampingi Kabid Humas AKBP Sunarto.

Polda Sultra mengharapkan sinergi dan koordinasi dengan institusi lainnya dalam menangani bencana alam sehingga berjalan maksimal.

Kasat Brimobda Sultra Kombes Pol Uden Kusuma mengatakan personil SAR Polda Sultra berkekuatan satu kompi.

"Personil yang memiliki skill khsusus untuk melakukan pertolongan satu pleton. Mereka sudah melalui latihan khusus untuk berbagai jenis musibab," kata Uden.

Pewarta : oleh Sarjono
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024