Kolaka,  (Antara News) - Menjelanga perayaan hari natal,beberapa harga sembako dipasar tradisional mengalami kenaikan hingga 10 persen,bahkan ada yang mencapai 50 persen.

"Harga cabai saja sebelum natal hanya berkisar Rp.25 ribu perkilonya namun kini naik menjadi Rp.50 ribu perkilonya menjelang natal," Kata Abbas salah seorang pedagang sembako di pasar raya mekongga Kabupaten kolaka.

Menurutnya naiknya harga sembako dipicu kurangnya stok persediaan bagi pedagang karena harus didatangkan dari Makassar,sulsel sehingga mempengaruhi harga dipasaran.

"Pasokan sembako memang saat ini kurang karena memang didatangkan dari Makassar,apalagi menjelang hari perayaan natal," Ungkapnya.

Begitu juga dengan harga minyak goreng kata Abbas juga mengalami kenaikan dari harga Rp.9.000 kini menjadi Rp.11 ribu perliternya sementara hara tepung terigu awalnya hanya berkisar Rp.157 ribu kini naik menjadi Rp.165 ribu perzak.

"Biasanya harga ini akan bertambah naik lagi menjelang tahun baru," Jelasnya.

Sementara Murni (30) salah satu konsumen yang ditemui mengharapkan kepada pemerintah untuk melakukan operasi pasar guna menekan harga kebutuhan sehari-hari yang semakin merangkak naik.

"Kami harapkan peran serta pemerintah untuk menekan harga kebutuhan sehari-hari yang harganya melonjak," Katanya.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024