Kendari (Antara nEWS) - Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Muhammad Endang minta pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat agar transparan terkait penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  tahun 2013.

"Saya tantang BKD Sultra untuk melakukan seleksi CPNS dengan cara langsung mengumumkan hasil seleksi hari itu jusa usai tes. Hal ini sangat positif untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan penerimaan CPNS di daerah ini dan Indonesia pada umumnya," kata Endang di Kendari, Kamis..

Menurut dia, hanya dengan cara seperti itu jika mau mengembalikan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap seleksi CPNS, oleh karena itu, BKD Sultra harus berani untuk melakukan seleksi hanya dalam sehari dan langsung diumumkan hasilnya ke publik.

"Kalau cara ini dilakukan, maka kepercayaan masyarakat akan tumbuh kembali, Artinya pagi diadakan seleksi, sore harinya langsung diumumkan. Ini tidak sulit karena sudah ada lembaga lain yang melakukan sebelumnya, dan yang terpenting ada kemauan untuk menciptakan kepercayaan di masyarakat," ujarnya.

Ia mencontohkan, Polda Sultra sudah melakukan proses seleksi Bintara seperti itu, sehingga diyakini BKD Sultra juga bisa melakukan hal yang sama.

"Kalau BKD tidak mampu, maka saya akan bantu menyediakan perangkatnya, tinggal kita datangkan saja alatnya untuk membantu proses seleksinya," ujarnya seraya menambahkan, bukanlah hal yang sulit untuk melakukan ini, sehingga CPNS yang dinyatakan lulus, adalah mereka yang benar-benar memiliki kemampuan dan kompetensi.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024