Wangiwangi (Antara News) - Jajaran Polres Wakatobi bekerjasama pihak Pos "Search and Rescue" (SAR) meningkatkan pengamanan keselamatan pelayaran di wilayah perairan laut setempat yang saat ini kondisi cuaca kurang bersahabat.

"Kami bekerjasama dengan pihak Pos SAR menyiagakan kapal penolong di Wakatobi yang siap menyelamatkan para penumpang kapal ketika terjadi kecelakaan laut," kata Kapolres Wakatobi, AKBP Hotlan Damanik di Wangiwangi, Selasa.

Menurut dia, kapal penyelematan yang disiagakan tersebut akan tetap parkir di Wakatobi selama kondisi cuaca belum membaik. Selama cuaca belum aman untuk pelayaran kapal, terutama kapal-kapal rakyat, maka kapal SAR terus disiagakan untuk berjaga-jaga, jangan sampai terjadi kecelakaan laut, nanti kondisi cuaca membaik, baru kapal SAR ditarik kembali ke Kendari," katanya.

Salah seorang petugas Pos SAR Kendari, Alamsyah mengatakan, sepanjang tahun 2013 telah terjadi kecelakaan laut di wilayah perairan laut Sultra sebanyak 30 kali lebih, dan sekitar 60 persen kecelakaan laut tersebut, terjadi di wilayah perairan laut Wakatobi.

"Makanya, kita bekerjasama pihak Polres Wakatobi menyiagakan kapal SAR di Wakatobi ini, mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut yang tidak diinginkan semua pihak," katanya.

Pewarta : Oleh: Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024